Daisypath Anniversary tickers

Global Beauty

Definisi cantik bagi tiap orang tentu berbeda-beda dan relatif. Artinya segala sesuatu yang kita anggap cantik, belum tentu sejalan dengan pemikiran orang lain juga. Berikut ini adalah hal-hal ekstrim yang dilakukan oleh para wanita di beberapa belahan dunia untuk mengekspresikan kecantikan mereka :

  • China – Makin kecil makin cantik.

Dari umur 5 tahun, kaki anak perempuan di negeri Tirai Bambu ini sudah dibebat sedemikian rupa hingga akhirnya kaki mereka jadi lebih kecil karena tulangnya pada patah. Kenapa gitu?? Soalnya ada anggapan yang bilang kalau makin kecil kaki maka makin tinggi derajat, serta makin cantik seseorang. Demi dibilang cantik. Cewek-cewek ini rela menahan sakit yang bikin mereka jadi susah jalan. And guess what??! Cara jalan kaya gini justru dibilang seksi banget. Makanya perempuan-perempuan ini asyik-asyik aja. Sekarang tradisi ini sudah tidak dilakukan lagi, soalnya budaya dan cara pandangnya makin maju. Tapi masih ada juga beberapa orang yang masih terus melanjutkan budaya ini.

  • Suku Dayak, Kalimantan – Makin panjang, makin cantik.
Kaum perempuan di suku Dayak, Kalimantan ini punya tradisi unik, yaitu pemasangan (penggantungan) manik-manik di telinga mereka. Makin panjang telinga, makin cantiklah mereka. Tiap tahun, manik-manik berbentuk gelang ini semakin bertambah di telinga mereka sesuai dengan usia. Jadi semakin tua, samakin banyak manik-manik yang bergantung di telinga mereka dan semakin panjang pula daun telinga mereka. Sekarang tradisi ini sudah mulai tidak berlaku, malah banyak perempuan Dayak yang akhirnya memotong daun telinga yang memanjang itu karena malu.

  • Suku Paudang, Thailand – Si leher panjang.

Sejak umur 5 tahun, wanita disini lehernya dipasang gelang tembaga yang melingkar berlapis-lapis. Setiap tahun gelangnya ditambahkan. Tujuannya biar leher menjadi jenjang, karena buat mereka leher jenjang itu seksi sekali. Selain itu, bagi mereka gelang-gelang tembaga ini juga menunjukkan status dan tanda keeleganan buat mereka. Sebenarnya, bukan lehernya yang makin panjang. Tapi karena berat gelangnya meremukkan tulang pundak sehingga menyebabkan pundaknya turun dan membuat leher mereka kelihatan jenjang.

  • Iran – Operasi hidung.

Ternyata hidung mancung wanita Iran itu tidak semuanya asli lho! Berdasarkan hasil survey, hampir 75% cewek disana melakukan operasi pada hidungnya. Karena biayanya yang mahal dan hanya bisa dilakukan oleh orang kaya saja, operasi hidung di Iran menjadi simbol status kaya, sehingga banyak cewek yang terang-terangan mengunakan perban setelah operasi biar dipandang sejahtera!

  • Brazil – Kurus + pirang = cantik.

Di Negeri Samba ini, ternyata wanitanya mengalami krisis pede yang teramat sangat. Mereka menganggap kalau rambut pirang lurus serta badan kurus adalah standar dari definisi kata cantik yang membuat mereka rela menghabiskan uang untuk meluruskan rambut dan melangsingkan tubuh. Hasilnya, negara ini merupakan negara yang warganya paling banyak mengkonsumsi pil diet!


  • Suku Maori, New Zealand – Tattoo bibir.

Hingga saat ini wanita Maori masih melakukan tradisi tattoo bibir agar dibilang cantik, karena menurut sebuah ritual kecantikan warisan nenek moyang mereka, wanita berbibir hitam kebiruan itu cantik dan sangat seksi. Akhirnya, bibir kaum perempuan keturunan Polinesia ini semua berwarna hitam kebiruan. Selain tattoo bibir, wanita suku Maori juga memiliki tattoo berbentuk ukiran spiral di wajah dan pantatnya sebagai identitas keturunan suku ini.

  • Mauritinia, Afrika – Big is beautiful.

Berbeda dengan Brazil, justru di negara Barat Laut Pantai Afrika ini wanita cantik adalah wanita berbadan gendut. Saking ekstrimnya, sampai ada praktek mengerikan yang diberi nama Gayage, yaitu pemaksaan makan untuk menggemukkan wanita tersebut. Mereka diberi makan terus menerus dan tidak boleh banyak bergerak. Akibatnya mereka jadi obesitas yang langsung membuat mereka menjadi primadona.

  • Daratan Eropa – Curvy and Sexy

Beda dengan standar sekarang, dulu wanita Eropa memiliki badan berisi yang curvy. Coba saja lihat lukisan-lukisan dari zaman Reinasance dulu, contohnya lukisan Monalisa. Hampir semua obyek wanitanya digambarkan agak chubby lengkap dengan pipi gembul yang membuat wajah mereka jadi bulat.



(Oleh: Mardhini)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

1 comments:

R4y_mond mengatakan...

wew aneh2 bgt dah.