Daisypath Anniversary tickers

Larangan Setelah Makan

Membuat tubuh sehat bukan hanya sekedar memperhatikan jenis makanan apa yang kita makan, tapi juga perlu memperhatikan apa yang dilakukakan setelah makan. Jika Anda mewaspadai larangan ini, maka niscaya anda akan merasakan manfaat dari makanan yang Anda makanan. Berikut ini hal-hal yang dilarang setelah makan.

~ Merokok
Menurut penelitian para ahli, merokok setelah makan 1 batang saja, sama dengan menghisap rokok sebanyak 10 batang. Tentunya hal ini jauh sangat berbahaya dibanding merokok 1 batang sebelum makan.

~ Makan Buah
Sampai detik ini masih banyak orang yang keliru dengan yang satu ini. Kebanyakan orang menganggap makan buah setelah makan baik, karena buah adalah pencuci mulut yang alami dan sebagai pelengkap 4 sehat 5 sempurna. Namun sebenarnya, makan buah sesudah makan akan membuat perut menjadi kembung karena dipenuhi dengan udara. Tapi tidak berarti anda tidak boleh mengkonsumsi buah sesudah makan, alangkah baiknya jika anda makan buah selang 1-2 jam sesudah makan.

~ Minum Teh
Menurut riset para ahli, daun teh mengandung asam yang sangat tinggi. Hal ini mengakibatkan protein yang ada pada makanan yang barusan dimakan akan susah untuk dicerna. Selain itu, minum teh sesudah makan akan menghambat penyerapan zat-zat yang kita perlukan dalam tubuh.

~ Mengendurkan Ikat Pinggang
Banyak diantara kita beranggapan kalau mengendurkan ikat pinggang akan terasa lebih banyak makanan yang masuk dan lebih lega atau tidak sesak. Namun sebenarnya, hal ini dapat mengakibatkan usus menjadi terbelit hingga proses penyerapan makanan akan terhambat..

~ Mandi
Mandi sesudah makan tidak baik karena sistem pencernaan yang ada di dalam perut akan melemah

~ Berjalan-jalan
Berjalan jalan atau berlari setelah makan adalah salah satu hal yang sangat tidak baik, karena mengakibatkan sistem pencernaan makanan tidak dapat menyerap nutrisi dari makanan yang sudah dimakan, hingga terkadang orang akan terasa mual.

~ Langsung Tidur
Sehabis makan kenyang hal yang paling enak dilakukan adalah tidur. Namun, bagaimana pun rasa kantuk melanda jangan pernah tidur sambil membaringkan tubuh, karena bila anda tidur dengan berbaring dapat mengakibatkan perut menjadi kembung dan menimbulkan peradangan pada usus. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah tidur dengan cara duduk.

~ Minum Air Dingin
Minum air dingin rasanya adalah pelengkap makan yang paling nikmat apalagi jika kita sedang merasa kepedasan dengan apa yang kita makan. Tapi jika anda prihatin dengan tubuh anda, segera buang kebiasaan tersebut jauh-jauh. Karena, temperatur yang dingin akibat es akan berkondensasi dengan air dan bisa membekukan makanan, terutama yang mengandung minyak/lemak. Pada akhirnya lemak-lemak yang beku tadi akan menimbun di dalam usus dan menyebabkan menyempitnya saluran-saluran pencernaan dan terciptalah kegemukan. Jadi mulai sekarang mari ubahlah kebiasaan minum air dingin tersebut dengan air hangat.

(Oleh: Mardhini)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments: